Perangkat jaringan

NIC (Network Interface Card)

Sering disingkat Network Adapter atau NIC yang merupakan sebuah hardware komputer yang didesain guna memungkinkan komputer berkomunikasi menggunakan jaringan. NIC memungkinkan adanya akses fisik ke media jaringan dan juga menyediakan sistem addressing low-level melalui penggunaan MAC address. NIC memungkinkan user untuk terhubung satu dengan lainnya menggunakan kabel atau wireless.

HUB

Sebuah HUB mengandug berbagai jenis port. Ketika sebuah paket data tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port lainnya di HUB. Ketika paket tersebut disalin, alamat yang dituju tidak berubah menjadi broadcast. Atau dengan kata lain HUB hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke HUB.

SWITCH

Merupakan istilah yang mengacu kepada router dan bridge dan juga kepada piranti yang dapat membagi traffic berdasarkan muatan atau konten aplikasi (misalnya URL dari sebuah halaman web). SWITCH bisa beroperasi pada lebih dari satu lapisan di layer OSI. Piranti yang mampu bekerja secara simultan di lebih dari satu layer ini disebut multilayer switch.

REPEATER

Merupakan piranti elektronik yang bertugas menerima sinyal kemudian meneruskannya pada level yang lebih tinggi atau dengan daya yang lebih besar. Atau bisa juga meneruskan ke sisi lain sebuah penghalang sehingga sinyal dapat disalurkan ke tempat yang jauh tanpa adanya degradasi.  Karena repeater bekerja dengan sinyal fisik sebenarnya dan tidak berusaha melakukan interpretasi data. Repeater akan beroperasi pada layer Physical yang merupakan layer paling atas di model OSI.

BRIDGE

Bridge berfungsi menghubungkan segmen jaringan di layer data link (layer kedua di model OSI). Bridge berbeda fungsinya dengan HUB, bridge tidak menyalin traffic dan mencampurnya ke semua port. Bridge akan mengetahui alamat MAC address yang dapat dijangkau melalui port-port tertentu. Setelah bridge mengetahui port dan almat yang dituju, bridge akan mengirimkan traffic ke alamat tersebut hanya ke port yang dituju. Bridge tidak mengirimkan secara broadcast ke semua port kecuali port yang berhal menerima broadcast tersebut.

Bridge bisa dibagi menjadi 3 tipe dasar:

  1. Local bridge : menghubungkan LAN secara langsung
  2. Remote bridge : dapat digunakan untuk membuat link wide area network (WAN) antar LAN yang ada. Namun remote bridge yang kecepatan koneksinya lebih lambat dari jaringan, kini pirantinya digantikan oleh Router
  3. Wireless bridge : bisa digunakan untuk menggabungkan LAN atau menghubungkan workstation remote ke sebuah LAN

ROUTERS

Router adalah piranti jaringan yang bertugas mem-forward paket data sepanjang jaringan menggunakan header dan tabel forwarding sehingga bisa menentukan rute terbaik untuk transportasi data. Router bekerja di layer Network di model TCP/IP atau layer ketiga di model OSI. Router menyediakan interkoneksi antara media dengan cara meneliti header dari paket data dan memutuskan ke bagian mana paket data tersebut akan dikirim. Router umumnya terhubung ke 2 jaringan/LAN, atau WAN ke LAN dan jaringan dari ISP. Beberapa modem DSL dan cable modem juga memiliki fungsi router yang terintegrasi ke dalamnya sehingga memungkinkan beberapa komputer membentuk jaringan dan langsung terhubung ke internet.