Bekerja dengan GNU Linux

Bekerja Pertama Kali dengan GNU/Linux

Kebanyakkan pengguna baru setelah menginstal Linux, mereka masih bingung, setelah ini kita harus melakukan apa? Di bawah ini penulis berikan petunjuk hal-hal yang perlu diketahui dan dilakukan.

  1. Prompt login
    Pertama kali yang akan anda temukan pada saat masuk ke Linux adalah prompt login. Prompt login ini berbeda untuk konfigurasi bootinggrafis dan mode baris perintah. Contoh mode baris perintah

    5leaps login:
  2. Login
    Login-lah sebagai pengguna jika anda sudah membuatnya pada saat instalasi. Jika belum login-lah sebagai root tetapi anda harus hati-hati. Yang harus anda lakukan saat ini hanyalah untuk menambah pengguna pada sistem anda. Jangan menggunakan account root untuk aktivitas sehari-hari karena root dapat melakukan apa saja pada sistem termasuk merusak sistem. Gunakan hanya untuk administrasi saja.
    Loginsebagai pengguna:[user]

    Loginsebagai root:

    pikachu login: root
    password:
    
    root@pikachu:~#
  3. Membuat pengguna
    Setelah anda login ke sistem, anda akan dihadapkan dengan prompt shell root@pikachu:~# atau yang mirip. Artinya anda login sebagai root. Untuk membuat/menambah pengguna, gunakan perintah useradd.

    root@pikachu:~# useradd stwn

    Untuk menghapus pengguna pada sistem gunakan perintah userdel.

    root@pikachu:~# userdel stwn
  4. Membuat password
    Setelah pengguna baru sudah ditambahkan lalu yang harus dilakukan adalah membuat password untuk pengguna tersebut. Gunakan perintah passwd.[passwd]
  5. Shell
    Prompt pada saat kita login ke sistem adalah prompt shell. Shell merupakan program yang berjalan sebagai antarmuka antara kita dengan sistem. Masukkan perintah pada prompt shell, maka shell akan menginterpretasikan dengan melakukan instruksi sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
    Beberapa jenis shell:

    • Bourne shell (sh), shell dasar/basis dari Bourne again shell.
    • Bourne again shell (bash), shell default pada sebagian besar distro, pengembangan dari sh dan ksh.
    • C shell (csh), shell dengan sintaks bahasa C.
    • Korn Shell (ksh), shell ini bukan shell-nya Korn, nama grup band lho.
    • Tcsh, C shell dengan ditambah fitur seperti ‘command line completion‘.
    • Zsh dan pdksh, Keduanya berbasis pada Korn shell dengan perbaikan.
  6. Perintah dasar
    Perintah dasar perlu anda ketahui karena merupakan dasar dari operasi GNU/Linux. Praktekkan beberapa perintah yang anda kenal melalui buku dan artikel tentang perintah dasar Linux, tapi tentu saja sesuai dengan konteks operasi sehari-hari. Diharapkan anda dapat lebih berhati-hati dan teliti.
    Contoh perintah yang sering digunakan: ls, cp, cat, clear, mkdir, mv, rm/rmdir, bg.
  7. X Window
    Antarmuka grafis X Window walaupun seperti permen berwarna warni dan menarik butuh sedikit penyesuaian atau adaptasi bagi yang baru dengannya. Cobalah bermain-main dengan program-program, shortcut, dan operasinya sesuai dengan window manager atau desktop manager yang anda pilih.
  8. Halaman manual (man pages)
    Halaman manual adalah teman setia anda di segala kesempatan dalam GNU/Linux. Mintalah bantuan kepada halaman manual jika anda tersesat di Linux. Halaman manual berisi manual dari perintah-perintah yang ada dalam sistem anda yaitu nama program, deskripsi, parameter, dan informasi lain. Ketikan ‘man [nama-program]‘ untuk menfapatkan informasi mengenai [nama-program]. [nama-program] bisa diganti dengan program yang anda inginkan info-nya misal rm.[man-rm]
  9. Kepemilikan dan Permisi berkas dan direktori
    Kepemilikan dan permisi dalam GNU/Linux menjadi suatu keharusan. Karena sebagai sistem operasi yang multiuser, GNU/Linux harus menjaga agar tiap pengguna yang ada tidak dapat saling mengganggu ketentraman pengguna yang lain serta kemudahan administrasi bagi sang penguasa root.
Advertisements

3 thoughts on “Bekerja dengan GNU Linux

Comments are closed.