Chatting hologram

Banyak yang memprediksi bahwa tahun ini akan jadi tahunnya 3D. Prediksi ini datang dari pameran CES 2011 yang banyak menampilkan produk-produk 3D. Tapi tahukah kamu kalau dalam lima tahun ke depan, kita bisa berinteraksi secara real time dengan teman kita lewat hologram 3D. Itu merupakan hasil perkiraan IBM dari hasil penelitian teknologi-teknologi baru dari lab-lab IBM di seluruh dunia

Chatting video yang saat ini lumrah digunakan, nantinya akan berganti jadi chatting hologram, atau 3-D telepresence. Teknik ini memanfaatkan pancaran cahaya dari sebuah benda dan menyusunnya kembali menjadi gambar benda tersebut, mirip teknik yang digunakan mata kita untuk menggambarkan apa yang kita lihat.

Selain itu, nantinya kita bisa jadi tak perlu dipusingkan soal charging baterai. Lima tahun mendatang, kemajuan di bidang teknologi batere dan transistor memungkinkan perangkat kita bertahan 10 kali lebih lama dari kemampuannya saat ini. Penelitian diarahkan agar baterai bisa memanfaatkan udara yang kita hirup untuk bereaksi terhadap metal padat energi. Jika berhasil, hasilnya adalah batere yang dapat di isi ulang, ringan, berdaya besar, dan mampu mendayai apa saja, dari perangkat konsumer hingga mobil listrik.

Bahkan, ada kemungkinan batere konvensional tidak diperlukan lagi dalam perangkat yang berukuran kecil, seperti ponsel atau e-reader. Caranya, dengan merekayasa transistor. IBM berupaya agar jumlah energi per transistor dapat ditekan menjadi kurang dari 0,5 volt. Hasilnya adalah perangkat elektronik tanpa batere yang dapat di isi ulang dengan teknik yang disebut energy scavenging.

Saat ini, beberapa jam tangan sudah menggunakan teknologi ini – mereka tidak lagi perlu diputar dan dapat di isi baterenya dengan menggerakan lengan anda. Konsep yang sama dapat digunakan untuk mengisi batere ponsel, misalnya – hanya perlu digoyang dan anda langsung dapat menelpon. Asyik sekali ya?