Motorola XOOM, Tablet PC Android 3.0 Pertama

Salah satu tablet PC paling ditunggu kini telah diperkenalkan secara resmi ke publik di ajang Consumer Electronics Show 2011, di Las Vegas, AS. Adalah Motorola XOOM, tablet PC generasi layar 10,1 inci yang tampil dengan prosesor dual-core 1 GHz Nvidia Tegra 2.

XOOM juga merupakan tablet PC pertama yang mengadopsi platform Android 3.0 Honeycomb. Di pasaran nanti tablet ini bakal berhadapan dengan rival kuat, iPad 2.

Motorola XOOM hadir dalam dandanan glossy, dengan diagonal display 10,1 inci pada resolusi 1280×800 piksel. Teknologi 3G hadir di tablet keluaran Motorola ini, dimana nantinya bisa diupgrade untuk mendukung network 4G LTE. Selain ‘otak’ chip NVidia Tegra 2, XOOM didukung pula dengan RAM 1GB DDR2 yang mampu membuatnya berjalan lancar.

Motorola XOOM memiliki memori internal 32GB, yang bisa ditambah dengan kartu memori microSD hingga 32GB. NVidia Tegra 2 di tablet ini memungkinkan untuk mengeksekusi file video 1080p HD dan streaming video.Chip SoC di tablet ini pun mampu menjalankan Unreal Engine 3.0 dan grafis 3D yang lebih kaya dalam mendukung game.

Browser XOOM pun didukung oleh Adobe Flash Player 10.1, hingga sanggup menjelajah dan menampilkan halaman web yang dipenuhi konten flash dengan baik. Tablet ini pun diperkuat dengan gyroscope, accelerometer, barometer dan e-compass.

Motorola XOOM menyematkan kamera 5 MP, dengan flash LED dan fasilitas zoom. kamera ini pun mampu merekam video berukuran 720p. Sementara itu, ada pula kamera depan 2MP, untuk akses video chat via Google Talk.

Untuk koneksi nirkabel XOOM dilengkapi Wi-Fi 802.11 b/g/n (2,4 GHz dan 5GHz band), Bluetooth 2.1+EDR. Motorola XOOM pun menawarkan dukungan Microsoft Exchange, untuk mensinkronisasikan email-emal korporat pengguna selain GMail. Fasilitas edit dan viewer file dokumen pun sudah disediakan tablet ini.