Fungsi if pada Ms. Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat fungsi IF yang biasa digunakan untuk mengenali paling tidak 2 kondisi. Kondisi pertama adalah True, jika kondisi yang dimaksudkan oleh user terpenuhi. Kondisi kedua adalah False, jika kondisi yang dimaksudkan user tidak terpenuhi.

Sebagai contoh jika nilai akhir >=70 maka dinyatakan lulus dan jika nilai akhir <70 maka dinyatakan gagal

nilai akhir keterangan
65 gagal
75 lulus
70 lulus
80 lulus
50 gagal

Dari tabel diatas bisa dilihat bahwa ada 2 kondisi yaitu lulus dan gagal. Hal itu ditentukan oleh kondisi jika nilai akhirnya memenuhi persyaratan tertentu (spt contoh nilai akhir>=70 maka lulus), demikian pula sebaliknya jika kondisi pertama tidak terpenuhi maka akan menjalankan kondisi yang kedua.

Penulisan umum fungsi IF

=IF(logical test, [value true], [value false]) atau =IF(logical test; [value true] ; [value false])

secara umum seperti diatas penulisan rumusnya, yang membedakannya adalah penggunaan tanda , (koma) dan ; (titik koma). Tanda itu digunakan untuk penulisan rumus langsung pada Ms. Excel yang disesuaikan dengan komputer yang anda pakai

Penulisan rumus pada lembar kerja Excel…..

Misalnya nilai 65 ada di cell A2 dan pengisian keterangan pada cell B2,,jadi penulisan rumus untuk mencari keterangan pada cell B2 adalah: =IF(A2>=70,”lulus”,IF(A2<70,”gagal”)) lalu enter maka hasilnya akan seperti pada tabel diatas.

untuk pembelajaran lebih lanjut dan contoh soal beserta pembahasan silahkan download materi excel dibawah ini…..

download 1 : fungsi if

download 2 :wirman-excel

download 3 : minggu1-5rev