Lumix tak lagi pakai lensa Leica

Ada yang berbeda ketika PCplus menghadiri acara peluncuran Panasonic DMC-GF2 kemarin. Kamera mirorrless yang dinamai kamera sistem oleh Panasonic ini tak lagi menggunakan lensa Leica seperti yang ditawarkan pada generasi sebelumnya. Sebagai gantinya, lensa-lensa bermerek Lumix berjajar menggantikan Leica. Ada apakah gerangan?

Dharmaparayana Sthirabudhi, Network Product Manager, Panasonic Gobel Indonesia, menerangkan bahwa pergantian ini dilakukan untuk menekan harga jual Lumix. “Lensa Leica termasuk cukup premium, sehingga Lumix jadi masuk ke kelas kamera mid-to-premium.,” terang Dhrma. Dengan menggunakan brand sendiri, Dharma menjelaskan harga jual Lumix bisa ditekan. Meski kini pabrikan lensa Lumix telah ditangani sendiri, Dhrma meyakinkan bahwa standar lensa yang digunakan untuk memproduksi lensa Lumix ini masih menggunakan standar Leica.

Namun jangan khawatir, sergah Dharma, Lumix menyediakan mount adaptor bagi mereka yang ingin menggunakan lensa lain merek.

Berbicara pasar, pasar Leica memang belum terlalu besar di Indonesia. Belum masuk lima besar yang dikuasai Canon, Nikon, Olympus, Sony, dan Casio. “Share kita masih 5%,” tambah Dharma. Meski demikian, siapa sangka di Perancis Lumix menjadi market leader, seperti di terangkan Yoshinori Yamana, Direktur Marketing, Panasonic Gobel Indonesia. Pasar Eropa memang lebih ramah terhadap Lumix, di Inggris dan Jerman pun jadi dua pasar dimana Lumix berhasil menancapkan kukunya.

Berikut daftar lensa yang ditawarkan Lumix.