Objek pada DBMS

Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah database yang canggih yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah.
Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data,pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.
Sebelum memulai sebaiknya Anda persiapkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam agar bangkit semangat Anda, mungkin pada saat ini Anda memilki anggapan bahwa Microsoft Access merupakan hal yang sulit dikerjakan tetapi perkembangan komputer sedemikian rupa dan tidak sesulit bayangan Anda itu, bahkan Anda mungkin menemukan kemudahan-kemudahan sehingga Anda dapat melewati modul ini dengan cepat untuk melanjutkan kepokok bahasan berikutnya…..

Komponen dasar database :

  1. Table : merupakan kumpulan data yang merupakan komponen utama dari sebuah database
  2. Query : digunakan untuk mencari dan menampilkan data yang memnuhi syarat tertentu dari satu tabel atau lebih
  3. Forms : digunakan untuk menampilkan data, mengisi data, dan mengubah data yang ada di dalam tabel
  4. Reports : digunakan untuk menampilkan laporan hasil analisis data
  5. Pages : digunakan untuk membuat halaman web (page) berupa data access pada yang dapat ditempatkan di server sistem jaringan intranet atau internet
  6. Macros : untuk mengotomatisasi perintah-perintah yang sering digunakan dalam mengolah data
  7. Modules : digunakan untuk perancangan berbagai modul aplikasi pengolahan database tingkat lanjut sesuai dengan kebutuhan yang berisi kode Visual Basic for applications yang ditulis untuk menangani even dalam access 2003